Cara Mengatasi Anak Susah Makan & Pilihan Alami Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak

Salah satu PR saya banget sebagai mamak dengan 3 krucils, adalah mikirin cara mengatasi anak susah makan; literally just how to navigate through those heart-wrenching “GTM” moments, to be honest.

Keliling nyari vitamin penambah nafsu makan anak, sampe riweh belajar be-bentoan supaya jam makan ga terlalu nguras emosi emak sama anak.

Sounds a bit familiar, yes?

You know I say this with love, but those years of hard work are not for the weak-hearted.  Seriously.

Jadi buat mamak yang baru atau veteran, boleh saya bagi disini hasil perjuangan nyari solusi anak tidak mau makan dari pengalaman saya selama ini, ya?

Apa Sih Sebenernya Penyebab Anak Susah Makan?

Cara Mengatasi Anak Susah Makan: 3 Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak!Apa penyebab anak susah makan sebenernya ya? Kalo saya, duluuuu sekali, suka jadi nyalahin diri sendiri setiap si Abang nolak makanan yang dikasih ke dia.

Apa makanannya ga enak? Atau dia sakit? Anak pertama, mak.. saya jadi lumayan panikan.

Ternyata penyebab anak susah makan yang utama, apalagi kalo balita susah makan sebenernya karena anaknya memang belajar lebih pinter. Mulai pingin variasi rasa, eksplorasi tekstur, warna-warni dari segala yang ada disekitar dia, termasuk makanan.

Jadi ga heran kalo mereka gampang bosenan. Bukan karena makanannya ga enak, *cupcup.. tapi karena mungkin kurang variasai.

Ini lumayan ngebantu. Saya mulai semangat variasi warna makanan, nambahin macam-macam buah ganti-gantian ke pudding atau cake-cakenya dia.

Selain bosen, anak-anak jaman sekarang biasanya dimanjakan dengan macem-macem cemilan. Karena sayang, karena mau anaknya montok nggemesin, emaknya pun stok macem-macem cemilan untuk anak. Which then became an option for kiddos selain makanan emaknya.

Jadi kadang mereka udah kenyang dulu, kan? Atau kalo gedean dikit, mulai tantrum nuntut cemilan instead of real food.

Solusinya? Kalo saya pas beli, janjian dulu sama anak. Ini cuman boleh dimakan pas jam nya snack, 2 – 3 jam sebelum makan. Jadi mereka ga kenyang duluan.

Kalo tantrum? Ya disikapi seperti menghadapi tantrum-tantrum yang lain. Ga terlibat dalam power struggle, belajar ga terjebak jadi nego sama bayi. Lama-lama anak akan ngeh kalo tantrumnya ga akan berhasil, dan akan balik makanan emak.

Itu yang paling utama ya, mak. Selain bosen dan adanya cemilan, anak juga bisa ga nafsu makan karena alasan kesehatan. Misalnya balita susah makan karena mau tumbuh gigi, anak dirumah ga mau makan karena sakit tenggorokan, dll.

Jadi Gimana Cara Mengatasi Anak Susah Makan?

Selain cara sederhana saya mengatasi anak susah makan diatas, ini beberapa tips tambahan yang bisa dicoba ya..

Percaya kah kalo psikologi anak bisa juga mempengaruhi pola makannya?

Anak bisa saja punya trauma pas nyobain rasa baru, jadi mereka cuma mau makanan yang mereka udah pernah coba aja.

Cara mengatasi anak susah makan karena trauma seperti ini, bisa dengan ngajak anaknya belanja dan memilih bahan makanannnya sendiri. Saat masak, anak juga diajak ikut bantu.

Selain baik untuk membangun rasa percaya diri si kecil, ini juga membuat mereka tertarik untuk nyoba makanan yang mereka bantu buat sendiri.

Tambahan ya, 3 Vitamin Penambah Nafsu Makan Anak Alami.

Vitamin penambah nafsu makan anak untuk saya lebih prefer ke yang alami dulu ya, Mak.

Nah, salah satu pilihan saya untuk anak-anak dan emak-bapaknya, adalah yogurt.

Selain biasanya anak-anak suka banget karena rasanya yang segar, yogurt juga baik untuk kesehatan pencernaan, sehingga anak terhindar dari rasa kembung, atau begah yang bikin si anak bawaannya ngerasa kenyang.

Selain itu saya juga kasih cemilan anak yang punya kandungan zinc optimal untuk nafsu makan dan pertumbuhan anak, misalnya yang anak-anak saya doyan banget itu kacang mede. Ini kalo dirumah saya tanpa pengawasan, bisa abis setoples kacang mede madu sehari. Selain ga baik juga untuk kolestrol bapaknya, lebih ga sehat lagi buat dompet emak. 🙂

Terakhir adalah minyak ikan. Kalo mereka lagi sakit dan secara alami ga nafsu makan, saya tambahkan ke vitamin apotik, seperti likurmin (yang murah meriah), atau vitamin anak yg mengandung lysin. Ini buat anak-anak saya cocok banget. Selain nafsu makannya membaik, mereka juga lebih cepet pulih kalo pas lagi sakit.

Kreasi Makanan Sehat & Cemilan Untuk Anak yang Tidak Mau Makan Nasi

Kreasi Makanan Sehat Bila Anak Tidak Mau Makan Nasi
source:mirror.co.uk

Anak saya yang kedua, Abdurrahman, dari umur 3 tahun tiba-tiba aja ga mau makan nasi. Ditangisini, dimarahin, dibujukin, tetep ga mau.

Sampai sekarang pun ga mau.

Tapi kalo pas dia lagi laperrrr banget, dan all the stars lined up for me, kadang trik-trik ini lumayan bikin dia mau nelen nasi. Silakan dicoba, ya!

Trik andalan saya untuk si anak yang tidak mau makan nasi ini, adalah bikin onigiri lucu menggunakan cetakan nasi yang banyak dijual di marketplace.

Nasinya pun ga bisa nasi putih, jadi kudu berwarna, trus dikasih mata, kuping sama mulut pake rumput laut. Jadi cemilan untuk anak yang menarik dan lucu. Biasanya, nak-anak pun jadi minat buat nyoba.

Bisa juga mak coba bikin pizza nasi. Campur nasi sama telur, terus panggang di atas wajan anti lengket sampe mateng. Kasih topping sosis, keju sama saus tomat kalau anaknya suka. Kalo abduraahman cukup keju dan saus bachemel.  Kalo terlalu banyak macem, pasti malah ga dimakan.

Stress, ya? Banget, mak!

Sampai sekarang pun saya masih suka kebawa emosi mikirin cara mengatasi anak susah makan, apalagi dimasa pandemic yang kepinginnya anak-anak sistem imunnya pada kejaga dengan asupan nutrisi yang optimal. Tapi cara-cara diatas, works at least 70% off the time. Ditambahin dengan vitamin penambah nafsu makan anak dan sedikit kreasi cemilan untuk anak yang saya share, mudah-mudahan bisa membantu mengurangi kesetresan mamak yang lain, ya!